ehem-ehem

Ngga pengen ngeluh, cuma pengen nulis aja,

Tentunya ngga dimana, ngga dimana yang namanya kerja itu pasti ada suka-dukanya.

Kalo dulu di kantor lama, karena di bidang pengawasan, jadi yang namanya pungli itu hampir dipastikan saya ngga ngerasain, kalo di kantor ini, karena sebagai pelaksana kegiatan, jadi aku baru tau walaupun sesama kantor unit eselon I pun ada juga punglinya. Pas jaman baru masuk jadi cpns tahun 2009, kerja ya kerja aja sampai satu tahun kemudian ikut diklat prajab terus abis itu diangkat pns, aku pernah dengar cerita kalo orang di daerah pas masih cpns dan mau diangkat jadi pns harus ngasih duit a.k.a bayar, alhamdulillah kalo di kantor lama aku mah ngga pake bayar-bayar, mungkin karena di kantor pusat aku pikir waktu itu, jadi pada ngga berani macem-macem, 

terus pas ngurus penyesuaian ijazah sarjana, tes pertama kali cuma aku aja yang ngga lulus, padahal teman seangkatan aku semuanya lulus yang ikut ujian, dan aku dikasih tau sama teman yang di biro kepegawaian, mungkin itu karena aku ngga ngasih "duit pelicin" ke biro yang berwenang, heheu, jadi lucu gitu yah, aku mah ikut tes ikut aja, ngga mikir harus ngasih duit kemana-mana, terus pas tau aku ngga lulus padahal aku kira itu cuma tes formalitas aja, karena ijazah sarjana aku udah keluar dari sejak beberapa bulan sebelum aku mulai kerja jadi pns, cuma memang pas tes cpns aku pake ijazah diploma 3,

dan di tahun berikutnya, aku ngajuin untuk ikut ujian penyesuaian ijazah sarjana lagi, plus menghadap ke kepala bagian kepegawaian dan ke biro kepegawaian juga, ke kabag kepegawaian, aku nanya, bahwa tahun lalu aku dapat kabar dari teman di biro bahwa kalo mau lulus harus bayar dulu, dan sang kabag bilang "engga bayar kok..", dan aku pegang itu, terus aku juga bilang ke kasub di biro kepegawaian bahwa ini adalah tes aku yang kedua kalinya, dan ngga pake bayar, alhamdulillah akhirnya lulus juga ujian penyesuaian ijazah sarjana, alhamdulillah ngga pake bayar, 

kejadian yang teranyar, pas ngurus pindah tugas ke kantor baru ini, mas-mas teman seruangan di kantor aku yang lama, yang sekarang udah jadi auditor, nanya ke aku, "mba nurul ngasih berapa ke kepegawaian?" heheu, alhamdulillah ngga ngasih sepeserpun, bukannya pelit, saya mah mau aja ngasih kalo emang ada tarifnya legalnya sih gapapa ya, tapi kan emang tugas sang pegawai tersebut untuk mengurus surat-surat kepindahan kalo ada pegawai yang mengajukan, lagian pas surat keputusan pindahnya udah ditandatangan kepala biro, aku disms sama stafnya dan langsung aku ambil sendiri suratnya ke ruangan staf biro kepegawaian, terus bolak-balik ngirim surat sendiri dari kantor lama ke kantor baru,

lucunya, tahun 2016 ini, yang mana digaungkan segaung-gaungnya reformasi birokrasi, revolusi mental dan sebagainya, ternyata masih ada aja yang bayar-bayar untuk ngurus hal yang memang tugas dan fungsinya si pegawai itu, dan masih ada juga yang mau ngga mau akhirnya bayar juga karena ngga enak katanya, hiksss ya Allah astaghfirullah... indonesia... indonesia...


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ke bdn erie citayam

Call for tukang urut

Salute to ...